Menilik Lebih Jauh Manfaat Sampah

Sampah terkadang menjadi masalah serius dalam masyarakat dewasa ini. Namun, dibalik itu semua ternyata ada manfaat sampah yang terlupakan. Apa saja manfaat sampah tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Aktivitas rumah tangga tentu tidak akan lepas dengan adanya produksi sampah. Terdapat jenis-jenis sampah yang harus Anda ketahui, diantaranya sampah organik maupun non organik.

Keduanya mempunyai sifat yang sama yakni dianggap sebagai sesuatu yang menjijikan. Namun, tahukah Anda bahwa nyatanya sampah memiliki sisi lain yang bernilai ekonomis tinggi jika dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini mengenai manfaat sampah.

Manfaat Sampah dari Sisi Ekonomis

Sampah memang selalu identik dengan hal-hal negatif. Namun, sepertinya saat ini Anda harus mulai merubah pemikiran tersebut.

Pasalnya jika dimanfaatkan dengan baik, sampah dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Berikut akan dibahas beberapa manfaat sampah dari jenis-jenis sampah yang ada dilihat sisi ekonomis.

1.      Sebagai Pupuk Alami

Hal pertama dari manfaat sampah yang akan dibahas tentu sudah Anda pahami dengan baik. Sampah organik yang sumbernya berasal dari aktivitas rumah tangga (dapur) memiliki peluang besar untuk dijadikan sebagai pupuk alami.

Melalui proses fermentasi, sampah akan mengalami proses pembusukan secara sempurna. Alhasil ketika benar-benar sudah membusuk, Anda bisa menggunakannya sebagai pupuk kompos untuk diri sendiri atau bahkan dijual.

2.      Peluang Usaha Mumpuni

Selanjutnya yang menjadi manfaat sampah yakni dapat dijadikan sebuah peluang usaha baru. Hal ini berlaku untuk jenis sampah anorganik ya.

Jadi, ketika Anda mempunyai beberapa sampah anorganik hasil dari aktivitas rumah tangga, Anda tidak usah risau. Kini Anda justru dapat menyulapnya menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis. Anda bisa memulai membuat kerajinan tangan, mendaur ulang dan lain sebagainya.

3.      Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Hal lain yang menjadi salah satu manfaat sampah adalah dapat menjadi lapangan usaha baru. Anda mungkin sudah tidak asing dengan adanya bank sampah bukan?

Jenis usaha yang mempunyai latar belakang yakni pengumpulan sampah-sampah anorganik ini menjadi viral dan berkembang cukup pesat.

Jika Anda memanfaatkannya dengan baik, maka bukan tidak mungkin jika Anda dapat membuka lapangan usaha baru dan mengurangi pengangguran di desa Anda.

Itu dia penjelasan mengenai beberapa manfaat sampah yang dapat Anda jadikan referensi. Masih banyak hal lain yang menjadi nilai lebih dari sebuah sampah.

Namun, alangkah baiknya jika mulai mengurangi produksi sampah sedari dini ya. Semoga bermanfaat.